Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Durian Merah Khas Kota Gandrung

  • Rabu, 20 Juni 2012
  • nanoprudence
  • Labels:
  • Durian Merah


    Kalau ngomongin Durian, ehm... siapa sich yang g tau pasti semua pasti pada tahu dengan buah yang berduri tajam dan daging buahnya lembek, rasanya manis, bau nya menyengat hidung, dan mungkin diantara kalian ada yang suka dan  mumgkin malah hobi banget makan durian...kayak aq ini,hehehe..., tp yang ini beda dari bisanya, karna durian ini berwarna merah daging buahnya, jadi mirip kayak jantung.

    Durian Merah

    Duren Abang begitulah orang oseng bilang, Durian ini pertama kali tumbuh di desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi, durian merah kini menjadi satu lagi buah khas yang dimilki kab banyuwangi, yang tidak di temui di daerah lain. dan ini boleh di bilang satu-satunya di dunia, wach....tambah banyak nich keistimewaan tanah kelahiran ku.hehehehe ... jangan ngiri ya... buat daerah lain.

    1 comments:

    Unknown mengatakan...

    Habitat asli buah durian merah adalah hutan hujan kalimantan...kebanyakan tumbuh liar di pedalaman dengan pohon yang besar2 dan tinggi2 bisa kita temui dari hutan kalbar, kalteng, kaltim, kalsel, serawak malaysia...tentang di tempat lain juga ditemukan durian merah diluar habitat aslinya seperti halnya yang ada di daerah banyuwangi sekarang ini, karena dari jaman ratusan tahun yang lalu banyak para pendatang/perantau yang datang ke kalimantan hingga saat ini, dan diantara mereka ada yang tertarik akan keunikan buah ini ketika melihatnya dan mencoba memakannya dan sebagian dari mereka membawa pulang baik biji atau buah tersebut untuk di coba di tanam ditempat mereka tinggal... juga sekitar tahun 1963 pada saat terjadi sengketa wilayah serawak antara RI dengan Malaysia ketika para prajurit TNI yang bertugas kala itu menyusuri hutan pedalam kalimantan di mana di dalamnya banyak ditemui keunikan diantaranya buah durian yang isinya merah mungkin ada di antara mereka yang merasa tertarik juga sehingga mereka juga membawa biji nya saat pulang dari tugas…menurut saya durian merah yag ada di banyuwangi itu berasal dari biji/buah yang berhasil di bawa oleh saudara kita yang pernah merantau di kalimantan…kalau ditanam di daerah tanah yang baik atau keberadaan tanah serta suhu sekitarnya mirip dengan habitat asalnya maka biji buah ini akan tumbuh dengan baik pula seperti di Desa Balak dan Desa Kamiren banyuwangi saat ini di mana kabarnya pohon durian merah ini sudah berumur ratusan tahun.

    Posting Komentar