Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Taman Nasional Alas Purwo

  • Minggu, 20 Mei 2012
  • nanoprudence
  • Labels:
  • Alas Purwo Banyuwangi 

    Taman Nasional Alas Purwo adalah kawasan konservasi seluas 43.420 hektar yang berada di ujung pulau jawa tepatnya di Banyuwangi, letaknya sekitar 45 km ke selatan dari kota Banyuwangi.

    Taman Nasional Alas purwo di dalam nya terdapat Pure Giri Salaka, Sadengan, Trianggulasi, Pantai Ngagelan, Pancur, Pasir Gotri, Plengkung(G-lang), Bedul Segoro Anak, Goa Istana, dll
     
    Taman Nasional Alas Purwo merupakan habitat dari beberapa satwa liar seperti lutung budeng (Trachypithecus auratus auratus), banteng (Bos javanicus javanicus), ajag (Cuon alpinus javanicus), burung merak (Pavo muticus), ayam hutan (Gallus gallus), rusa (Cervus timorensis russa), macan tutul (Panthera pardus melas), dan kucing bakau (Prionailurus bengalensis javanensis). Satwa langka dan dilindungi seperti penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu hijau (Chelonia mydas) biasanya sering mendarat di pantai Selatan taman nasional ini pada bulan Januari s/d September.




    Taman Nasional alas purwo juga ada berbagai Tumbuhan khas dan endemik yaitu sawo kecik (Manilkara kauki) dan bambu manggong (Gigantochloa manggong). Tumbuhan lainnya adalah ketapang (Terminalia cattapa), nyamplung (Calophyllum inophyllum), kepuh (Sterculia foetida), keben (Barringtonia asiatica), dan 13 jenis bambu.


    Taman Nasional Alas Purwo adalah taman nasional unik yang patut dikunjungi karena memiliki daya tarik keindahan pantai, punya misteri, tetapi mudah dicapai. Jika anda liburan menuju Bali, mampirlah barang sejenak, dibutuhkan hanya 2 jam dari penyeberangan Ketapang. Dijamin anda akan menemukan pengalaman baru disini.

    0 comments:

    Posting Komentar