Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Pantai Grajagan

  • Rabu, 13 Juni 2012
  • nanoprudence
  • Labels:
  • Pantai Grajagan, Wisata Pantai Selatan


    Pantai Grajagan yang letaknya di deretan  pantai selatan Banyuwangi, pantai dengan keindahan alamnya yang tiada tara. dikelilingi deretan gunung-gunung, perkebunan dan lautan yang terbentang luas dari hamparan Sarnudera Hindia. Gelombang ombaknya tak pernah henti seolah menghentak- hentakkan kaki seperti langkah yang hampiri dengan diiringi sernilir angin seolah membelai sukma yang tak pernah perhenti sepanjang waktu. Dan, panorama pantai di wanawisata ini bagaikan lukisan alam tanpa bingkai. Pesonanya, mernberikan kepuasan tersendiri bagi siapa saja yang menginjakkan kaki di areal wanawisata yang posisinya pada ketinggian 0-20 meter di atas permukaan laut (dpl). Para pengunjung yang datang pasti akan disambut dengan gemuruhnya ombak khas pantai laut selatan, suara ini bagaikan alunan yang mendendangkan orkestra alam sepanjang waktu. 


    Gulungan ombak pantai yang berada di kawasan hutan KPH Banyuwangi Selatan ini, tepatnya di BKPH Curahjati yang secara administratip terletak di Desa Grajakan Kecamatan Purwoharjo kabupaten banyuwangi ini kerap mengundang dan memacu adrenalin para pesurfing untuk menjajal kemampuan atau sekedar belajar. Memang tidaklah heran, bila Pantai Grajagan ini sering dijadikan tempat persinggahan para wisatawan lokal-maupun mancanegara sebelum mereka melanjutkan perjalanan menuju Pantai Plengkung, yang telah dikenal oleh dunia internasional sebagai temp at paling menantang untuk berselancar. Sebab, pantai Plengkung merupakan salah satu dari tiga obyek wisata segi tiga berlian (G-Land) di samping Kawah ljen dan Pantai Sukamade, yang menjadi obyek wisata andalan bagi Kabupaten paling timur pulau Jawa yaitu Banyuwangi.


    Pantai Grajagan yang letak geografisnya berada sekitar 52 km ke arah selatan Kota Banyuwangi ini inemang sangat mempesona bagi siapa saja yang dating dan melihatrlya. Posisi paritainya yang sangat strategis ini layak menjadi pintu gerbang menuju ke Pantai Plengkung. Areal Grajagan yang terhampar dikawasan seluas 314 hektar, tepatnya di hutan KPH Banyuwangi Selatan, terletak di desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Pantainya yang luas dan diselimuti oleh pasir hitam ini, bisa dikatakan lengkap karena pantainya memiliki gua dan bukit yang sangat indah. Ketika kita berkunjung di tempat ini, maka mata kita langsung melihat hamparan pantai berpasir hitam ditambah dengan bukit yang menjulang tinggi, seakan melengkapi suasana dan keindahan alam yang tak pernah bosan untuk dinikmati siapa saja.

    Siapa saja bisa datang kesana untuk melepaskan kepenatan dan kejenuhan karena beban kerja yang memporsir pikiran, duduk sambil menikmati suasana pantai dengan deburan ombak laut lepas dari atas shelter dan 3 gua peninggalan tentara Jepang pada masa Perang Dunia II serasa terbebas dari beban yang ada. Disekitar Pantai ini banyak terdapat  goa buatan yang letaknya cukup tinggi, sehingga kita dapat mengawasi seluruh kawasan yang memiliki keindahan Alamo di antaranya pantai Grajagan, Plengkung dan pantai lainnya yang letaknya di Taman Nasional Alas Purwo. Jadi, Pantai Grajagan sangat ideal menjadi tempat transit atau sebagai pintu gerbang untuk menuju ke pantai Plengkung. Dari Grajagan menuju ke Plengkung hanya dibutuhkan waktu sekitar dua jam dengan menyusuri pantai yang menggunakan perahu sewa dan jarak tempuhnya hampir sama bila kita menggunakan mobil melalui jalan darat.

    0 comments:

    Posting Komentar