Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Kebo - Keboan

  • Minggu, 02 September 2012
  • nanoprudence
  • Labels:

  • Kebo-keboan dianggap upacara yang paling unik di banyuwangi tepatnya di alas malang yang memiliki aspek kesuburan ritus (berarti sastra - subur pertumbuhan yang sehat dan makmur) upacara penyucian yang sebagai simbol memberikan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas damai, kebahagiaan dan tanaman yang lebih baik di tahun mendatang Dan upacara ini digunakan untuk dilakukan meminta curah hujan dan budidaya yang lebih baik.


    Pengunjung selalu menyambut untuk mengamati dan berpartisipasi upacara ini menarik malam A sebelumnya, di sepanjang jalan utama yang dihiasi dengan semua hasil yang berbeda panen seperti pisang, jeruk. casava, kacang kedelai dan othercrops banyak. Mereka semua melambangkan kemakmuran.

    Sebelum ritual Kebo-keboan mungkin terjadi. tumpeng banyak (kerucut padi) telah dibuat, di pagi hari, tumpeng, kue, dan menawarkan lainnya diletakkan di jalan. setelah diberkati oleh Kyai (a Pengkhotbah muslim). selamatan (berdoa) di atas, tumpeng dapat dimakan dan dibagikan kepada semua pengunjung dan masyarakat. Kue dan makanan khusus yang dibuat oleh setiap rumah tangga ditawarkan dan disajikan kepada pengunjung yang menghadiri acara ini


     

    Setelah itu, prosesi tanah (ider bumi) diselenggarakan. Beberapa pria besar dan kuat berwarna hitam sendiri, bertingkah aneh seperti kebau liar sedang bajak, sementara, seorang gadis cantik simbol Dewi Sri, Dewi Padi memanggul oleh pengikutnya muncul dengan kostum tradisional. Prosesi ini disorot oleh tarian tradisional dan musik orkestra gamelan.


     
    Klimaks dari acara ini adalah waktu membajak dan menanam padi, saat orang2 yang berkostum kepala karbau mengejar siapa saja yang mencoba untuk mengambil benih padi. Benih padi diyakini memiliki kekuatan supranatural terhadap penyakit tanaman. tanaman yang baik dan membawa keberuntungan bagi mereka yang mampu mendapatkannya: Upacara berakhir pada tengah hari. Pada sore hari. tarian tradisional serta wayang, pertunjukan wayang kulit dilakukan.

    0 comments:

    Posting Komentar