Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Banyuwangi Tour de Ijen

  • Sabtu, 22 September 2012
  • nanoprudence
  • Labels:

  • Banyuwangi - Desember mendatang Pemkab Banyuwangi akan menggelar 'Tour de Ijen'. Dana miliaran rupiah dianggarkan untuk mendukung event yang diklaim menjadi tur sepeda internasional, medan tanjakan pertama di Indonesia.

    Olahraga bergengsi ini menggandeng Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI). Selain itu, event organizer yang berpengalaman menangani event tingkat internasional juga dilibatkan.

    Saat ini, sejumlah ruas jalan yang menjadi rute 'Tour de Ijen' sedang dalam perbaikan. Seperti perbaikan jalan akses ke Ijen yang menelan anggaran sebesar Rp 5 miliar. Dana diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Banyuwangi (APBD).

    "5 Miliar untuk (perbaikan jalan) ke Ijen," jawab Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada wartawan, Rabu (11/7/2012).

    Anas menambahkan, 'Tour de Ijen' akan didaftarkan menjadi kalender internasional. Biayanya mencapai 600 Euro. Sehingga event ini akan menjadi acara tahunan seperti 'Tour de Singkarak'.

    Rencananya 'Tour de Ijen' terbagi dalam tiga etape. Yang pertama dari kantor Pemkab Banyuwangi hingga Pulau Merah, Kecamatan Pesanggaran sejauh 70 kilometer. Etape kedua dimulai dari Kecamatan Kalibaru hingga Pos Paltuding Gunung Ijen.

    "Etape ketiga rute berkeliling kota. Tour de Ijen ditargetkan diikuti 10 tim luar negeri, 9 tim asal Indonesia dan 1 tim dari Banyuwangi," tambah Wakil Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia Banyuwangi, Galih Cokro Buwono saat dihubungi detiksurabaya.com.

    Dia mengungkapkan, rute untuk tiga etape itu sudah disurvei PB ISSI.Sejumlah ruas jalan yang rusak harus dilakukan perbaikan. Seperti jalan menuju ke Gunung Ijen yang kondisinya sejak lama rusak parah.

    "Harus ada perbaikan total," tandasnya.

    0 comments:

    Posting Komentar